Ups! ini dia 5 Tipe Pendaki Gunung. Hayoo Kamu yang Mana?

Pendaki bisa bilang adalah orang paling menarik di dunia. Karena ada banyak alasan orang  untuk melakukan sebuah pendakian, mulai dari soal pencarian jati diri, pelarian ke-jombloan, mencari cinta, galau, dan sedang dalam misi move on dari mantan.

Meski begitu ada beberapa tipe pendaki yang sering kita temui di jalur pendakian, berikut adalah 5 tipe pendaki yang sering kita temui atau bahkan kita ada di salah satunya:

  1. Healthy Hiker

Healthy Hiker atau pendaki sehat memiliki alasan mendaki untuk menjaga kesehatan tubuhnya, bahkan tidak sedikit yang sedang dalam misi menurunkan berat badan. Selain itu mereka percaya bahwa mendaki  bukan hanya untuk membuat tubuh lebih sehat dan bugar, tapi juga membantu kesehatan secara mental dan emosional. Disamping itu Healty Hiker akan memerhatikan makanan yang mereka konsumsi setiap hari, karena mereka tidak ingin merasa sia-sia melakukan pendakian yang telah membakar ribuan kalori selama melakukan pendakian. Pendaki sehat selalu merasa dan terlihat lebih muda setiap hari dan tidak ingin berhenti mendaki.

  1. The Social Hiker

Social Hiker cenderung sangat menyukai pendakian bersama sebuah group atau bersama-sama minimal 5 orang, karena menurut mereka hiking adalah kehidupan sosial mereka. Mereka kadang suka memeriksa kalendar atau group pendaki di Facebook untuk mencari jadwal mendaki bersama (pendakian masal). Dan mereka selalu membawa makanan lebih untuk di bagikan ke sesama pendaki. Bagi Social Hiker mendaki bukan hanya untuk mendaki saja, tapi juga menikmati pengalaman interaktif dengan sesama pendaki lain dan berbagi kegembiraan di luar rumah.

  1. The Summit Hiker

Ini semua tentang mencapai puncak! Itulah ungkapan yang selalu diutarakan oleh pendaki tipe ini, karena bagi mereka mendaki gunung adalah soal bagaimana mencapai puncak gunung. Tipe pendaki gunung ini cenderung selalu berjalan lebih cepat dan senang melalukan pendakian sendirian. Juga biasanya pendaki tipe ini adalah pendaki professional yang sudah mengetahui ilmu-ilmu mendaki seperti membaca peta, survival, dll. Ego seorang Summit Hiker sangat tinggi, dan mereka akan merasa sangat kecewa apabila mereka tidak mencapai puncak karena faktor cuaca, dan meraka pastinya akan kembali lagi hingga berhasil mencapai puncak.

BACA: Teknik Bertahan Hidup yang Harus Diketahui (Bag 1)

  1. The Shopaholic Hiker

Untuk tipe yang satu ini cukup menarik, karena bagi mereka memiliki perlengkapan bagus, mahal dan berkualitas adalah suatu keharusan sebelum melakukan pendakian. Sehingga mereka akan selalu tampil pecaya diri ketika melakukan pendakian. Mereka akan cenderung selektif dalam memilih perlengkapan,  dan perhitungan kegunaan yang matang, mereka tidak ingin kecewa ketika mendaki namun salah satu perlengkapannya rusak. Dan biasanya Shopaholic Hiker terlihat menonjol saat di basecamp.

  1. The Photo Hiker

Seorang Photo Hiker selalu memastikan mereka menyimpan setiap kenangan selama mendaki, dan cenderung selalu tertinggal di jalur, karena mereka selalu mengabadikan setiap apa yang dilihatnya menarik selama pendakian. Pendaki jenis ini selalu ingin memiliki foto pemandangan, selfie dan foto kelompok. Mereka selalu terlihat membawa kamera besar (dslr), tripod, dan perlengkapan fotografi lainnya, sehingga beban bawaan mereka bertambah dan lebih berat dibandingkan pendaki lainnya. Tidak heran apabila foto-foto pendakian mereka selalu yang terbaik apabila di posting di Facebook atau Instagram.

Nah, itulah 5 tipe pendaki yang sering di temui selama melakukan pendakian. Sebenarnya masih banyak si. Hmmm... kira-kira kamu yang mana kawan? Atau kamu pernah ketemu yang bagaimana? Ceritain dong di kolom komentar di Fans Page Facebook kami ya. Jangan lupa untuk di share agar kawan yang lain tau! 

BACA: Ini Dia Cara Memilih Headlamp Yang Tepat Untuk Naik Gunung