WOW! Ada 7 Planet Baru yang Layak Huni

Badan penerbangan dan antariksa amerika serikat, nasa, telah berhasil menemukan 7 planet yang berada di luar system orbit tata surya. 3 diantaranya di sinyalir layak huni oleh makhluk hidup.

Dunia sedang bergembira atas temuan terbaru nasa melalui teknologi spitzer space telescope, sebuah observatorium angkasa inframerah. Dimana teleskop tersebut berhasil mendeteksi 7 planet yang mirip bumi sedang mengorbit sebuah bintang merah.

Ketujuh planet ini kemungkinan memiliki air dalam bentuk cair (yang diketahui sebagai sumber kehidupan) dengan kondisi atmosfer yang baik, namun hanya 3 planet diantaranya yang memiliki kemungkinan paling besar masuk dalam zona layak huni.

“Penemuan ini bisa menjadi bagian penting dalam teka-teki untuk menemukan lingkungan yang layak huni atau tempat-tempay yang memang kondusif untuk hidup,” ujar thomas zurbuchen, administrator nasa.

“Menjawab pertanyaan ‘apakah kita sendirian?’ adalah prioritas utama atas ilmu pengetahuan. Penemuan pertama planet dalam jumlah yang banyak di zona lauak huni merupakan langkah besar unt6uk menjawab pertanyaan tersebut,” sambung zurbuchen.

Karena planet tersebut berada di luar orbit tata surya kita, planet-planet itu secara ilmiah dikenal sebagai exoplanet. Jaraknya dari bumi sekitar 40 tahun cahaya (235 triliun mil) sehingga relative dekat di banding bintang-bintang lain dalam galaksi bima sakti.

Sistem planet ini disebut trappist-1, singkatan dari transiting planets and planetesimal small telescope, nama teleskop observatorium di cile yang ikut berkontribusi dalam penemuan.

Tiga dari tujuh eksoplanet yang bersangkutan mengorbit dalam jarak terlalu dekat dengan bintang sehingga kemungkinan terlalu panas untuk bisa memiliki air. Sementara itu, planet ketujuh terlalu jauh sehingga air bisa membeku.

Temperatur planet keempat, kelima, dan keenam diperkirakan ideal untuk kehidupan. Kalau ketiganya turut memiliki atmosfer serupa bumi, maka bisa jadi di permukaannya terdapat lautan, danau, dan sungai yang diketahui sebagai tempat bermulanya kehidupan. 

Video NASA >> https://youtu.be/bnKFaAS30X8

Sumber: web resmi nasa: https://www.nasa.gov/ & Kompas.com